Cara Murah Dan Mudah Bersihkan Kabil Mobil Dengan Alat Seadanya - Marta Cortese

Breaking

Sabtu, 22 Februari 2020

Cara Murah Dan Mudah Bersihkan Kabil Mobil Dengan Alat Seadanya

Perawatan mobil tentunya tak hanya pada mesin, tetapi interiornya pun juga harus diberikan perawatan rutin agar memberikan kenyamanan. Sebab, jika Anda mengabaikannya, Anda bisa mendapati beberapa hal kurang menyenangkan saat berada di dalam mobil, seperti misalnya, mengalami bau tidak sedap karena remah-remah bekas makanan, karpet yang lembab, asap rokok, sistem pendingin yang kotor, dan masih banyak lainnya.

Biasanya, jika bagian dalam mobilnya kotor, banyak pengendara yang langsung membawa ke salon mobil untuk dibersihkan. Sebenarnya, Anda dapat menjaga kebersihan dan kenyamanan kabin tanpa harus memboyongnya ke salon.

Selain ongkosnya lebih mahal, umumnya jasa layanan pembersihan mobil suka sembarang menggunakan cairan pembersih yang bisa jadi tak cocok dengan Anda. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan sendiri kabin mobil:

Persiapan

Siapakan perkakas yang dibutuhkan, seperti sikat, kuas, penyedot debu, lap kering, dan cairan pembersih. Kemudian, keluarkan barang-barang dari dalam kabin mobil Anda agar Anda tak sesak saat membersihkannya. Jangan lupa, buang sampah-sampah yang ada di dalam kabin.

Biasanya, sampah-sampah kecil seperti bungkus permen atau tisu, kerap terselip di kompartemen door trim. Hal itu tentunya bisa mengundang semut atau serangga lain.

Selanjutnya, buka semua pintu agar sirkulasi dalam mobil bisa terjaga dengan baik saat Anda membersihkan kabin.

Mulai dengan karpet

Anda bisa mulai membersihkan kabin mobil dengan mengeluarkan karpet-karpet. Karpet bisa jadi merupakan penyebab bau mobil yang tidak enak yang selama ini tercium saat Anda berada di kabin.

Wiki How menguraikan beberapa tahapan untuk membersihkan karpet mobil dari kuman dan jamur agar kembali wangi dan harum. Salah satunya adalah mencucinya dengan air mengalir disertai dengan sampo, jemur hingga kering, dan mematikan jamur dengan soda kue.

Pastikan karpet benar-benar kering sebelum Anda masukkan ke dalam kabin. Langkah terakhir adalah bersihkan menggunakan penyedot debu (vakum) untuk memastikan karpet benar-benar bersih, sembari menunggu karpet kering saat dijemur, Anda bisa melakukan pembersihan ke bagian-bagian kabin lainnya.

Membersihkan dasbor

Anda bisa membersihkan bagian dasbor mobil menggunakan lap kain lembut dan cairan pembersih yang tepat. Anda dapat menggunakan kain khusus semisal mikro fiber agar tak merusak plastik dasbor.

Sementara untuk cairan pembersih, pastikan yang aman dengan jenis material dasbor.

Kemudian, untuk bagian sudut-sudut dasbor yang tidak dapat terjangkau, anda bisa menggunakan kuas yang berbulu halus.

Bersihkan lapisan jok sesuai jenisnya

Usai urusan dasbor beres beralihlah membersihkan jok. Lazimnya, ada dua jenis lapisan jok kendaraan, yakni lapisan berbahan dasar kain dan lapisan kulit.

Untuk membersihkan pelapis jok berbahan dasar kain, langkah-langkahnya bisa aplikasikan seperti yang diuraikan Liputan6, yakni membersihkan dulu jok dari debu dan remah-remah kotoran menggunakan vakum.

Kemudian, persiapkan ember berisi air hangat yang dicampur sedikit deterjen. Lalu, gunakan spons yang telah dibasahi dengan larutan air hangat tadi untuk membersihkan permukan kain pelapis jok secara merata.

Jangan biarkan jok terlaku basah, maka gunakanlah spons yang relatif kecil agar cepat kering. Lalu, setelah jok mobil bersih, basahi handuk dengan air dingin kemudian gosok seluruh permukaan jok dengan handuk untuk menghilangkan sisa deterjen. Sebenarnya, secara umum untuk membersihkan lapisan jok kulit tidak beda dengan jok bukan kulit, tetapi Anda harus menggunakan sabun khusus serta memoleskan cairan kondisioner khusus kulit.

Hati-hati membersihkan plafon kabin
Walau jarang tersentuh, tetapi plafon kabin yang umumnya berwarna cerah bisa dengan bertahap berubah warna menjadi tak enak dilihat. Oleh karena itulah jika terasa perlu, maka bersihkanlah.

Namun, Carreview.id mengingatkan Anda untuk melakukannya dengan hati-hati karena bahan pelapis plafon kabin cukup tipis dan rentan sobek.

Umumnya, bahan plafon kabin ada dua jenis, yakni fabric dan beledu, atau biasa dikenal juga dengan sebutan beludru. Bahan-bahan itu mudah sekali kotor akibat debu, asap rokok, bahkan noda jari tangan.

Plafon beledu, menurut Ajeb dari Restu Plafon, Haji Nawi, Jakarta Selatan, kepada GridOto lebih sulit dibersihkan, ketimbang bahan fabric atau kain berserat.

"Plafon beludru termasuk jenis plafon yang agak lebih susah dibersihkan karena bahan beludru yang lebih cepat menyerap kotoran, apalagi benda cair," jelasnya.

Jika plafon beledu terkena noda cairan cara membersihkannya adalah dengan lap mikro fiber, disikat menggunakan sikat berbahan lembut, dan cairan pembersih khusus interior (interior cleaner).

Caranya, semprotkan cairan pembersih ke kain mikro fiber lalu usap secara perlahan dengan gerakan searah. Lakukan berulang hingga kotoran terangkat, setelah selesai, keringkan kembali dengan kain mikro fiber yang berbeda.

Menjaga aroma AC
Jangan lupa pula untuk membersihkan sistem pendingin (AC) mobil Anda. AC mobil yang kotor tentunya membuat udara menjadi tak sedap pula. Jika AC mobil Anda tiba-tiba mengeluarkan bau tak sedap, alih-alih mendapatkan kenyamanan, justru Anda akan jadi pusing dibuatnya.

Toyota Astra memaparkan ada beberapa hal yang dapat menyebabkan AC menjadi bau, di antaranya adalah debu atau kotoran yang terhisap oleh saluran hisap AC yang apabila dibiarkan menumpuk terlalu lama akan menimbulkan jamur.

Dokter Mobil memaparkan lebih dalam penyebab lain yang membuat AC menjadi kurang sedap dihirup. Salah satunya adalah Komponen Evaporator yang kotor dan berlendir. Evaporator yang kotor tersebut biasanya disebabkan karena ada kotoran dan debu yang terhisap ketika siklus pendinginan terjadi dan menempel pada Evaporator.

Jangan lupa, saat membersihkan kabin mobil, lakukan ditempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Demikian, semoga bermanfaat.