Review Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy M31 Terbaru - Marta Cortese

Breaking

Jumat, 21 Februari 2020

Review Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy M31 Terbaru

Setelah sebelumnya meluncurkan Galaxy A51 dan A71 di Indonesia, Samsung kembali merilis ponsel baru bernama Galaxy M31. Smartphone ini akan meneruskan kesuksesan Galaxy M30s yang dirilis pada bulan September 2019.

Sama halnya dengan Galaxy M30s, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, tentu daya tahan baterainya akan sangat awet melebihi hp Samsung yang mengusung baterai 4.000 mAh ataupun 5.000 mAh.

Samsung menamai Galaxy M31 sebagai Mega Monster. Sebutan tersebut mengacu pada kapasitas baterai Samsung M31 yang mencapai 6.000 mAh. Namun bukan itu saja kelebihan smartphone ini, karena masih banyak kelebihan lainnya yang akan membuat kalian berdecak kagum

Selain mengandalkan kapasitas baterai yang besar, Samsung M31 juga dibekali layar Super Amoled beresolusi tinggi dan empat buah kamera belakang. Menariknya, salah satu kamera belakang Samsung M31 memiliki resolusi sebesar 64 Megapixel.

Resolusi kamera Samsung Galaxy M31 meningkat dari sebelumnya 48 Megapixel pada Galaxy M30s. Dengan resolusi yang lebih besar, tentu hasil fotonya jauh lebih tajam. Lalu bagaimana dengan dapur pacunya, apakah menggunakan Exynos atau Snapdragon? Nah untuk mengetahuinya, silahkan simak informasi di bawah ini.

Review Samsung M31

Smartphone Samsung memang selalu menarik untuk dibahas. Pasalnya Samsung selalu merancang smartphone berkualitas tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen dalam hal multimedia, gaming, fotografi, komunikasi, dan beragam kebutuhan mobile lainnya. Semua itu bisa kalian dapatkan apabila membeli Galaxy M31. Namun sebelum membelinya, silahkan simak terlebih dahulu review berikut ini.

Layar

Layar Super Amoled sudah banyak digunakan oleh smartphone asal China, seperti Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, dll. Namun apabila mencari layar Super Amoled terbaik, maka kami sarankan untuk membeli smartphone Samsung. Pasalnya Super Amoled merupakan teknologi layar milik Samsung sehingga kualitasnya akan terasa lebih baik saat dipakai oleh hp Samsung.

Nah bagi kalian yang membeli Samsung Galaxy M31 maka akan mendapatkan layar Super Amoled berukuran 6.4 Inch. Gambar yang ditampilkan akan memanjakan mata saat bermain game dan menonton film. Sebab layar tersebut memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dengan kerapatan mencapai 441 ppi dan rasio sebesar 20:9.

Yang kurang dari smartphone ini adalah bodinya yang terbuat dari material platik. Andai saja sudah menggunakan frame metal berlapis kaca, tentu desain Galaxy M31 akan terlihat lebih keren. Kekurangan tersebut mungkin tidak masalah bagi sebagian orang, namun menurut kami desain Galaxy M31 masih kalah dari hp China sekelas Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Dapur Pacu
Selanjutnya soal performa, Samsung M31 mengandalkan chipset Exynos 9611 yang didalamnya tertanam processor Octa Core dengan clock speed Quad Core 2.3 Ghz Cortex-A73 dan Quad Core 1.7 Ghz Cortex-A53. Lalu ada pula GPU Mali-G72 MP3 yang mengoptimalkan performa Galaxy M31 saat dipacu bermain game-game berat sekelas PUBG, COD Mobile, AOV, Asphalt 9, dan beragam game berat lainnya.

Untuk mengimbangi prosessor di atas, Samsung Galaxy M31 didukung Ram sebesar 6GB dan memori internal berkapasitas 128GB. Meskipun kapasitas memorinya sudah sangat besar, namun kita tetap bisa menambahkan microSD ke dalam slot memori eksternal. Slot tersebut dibuat terpisah dari slot SIM Card sehingga kita bisa menggunakan 2 Sim Card + MicroSD secara bersamaan.

Software yang digunakan Samsung Galaxy M31 juga up-to-date. Samsung membekalinya dengan sistem operasi Android 10 yang dibalut antarmuka OneUI 2.0. Ada banyak sekali fitur yang dimiliki OneUI 2.0, seperti Always On, Dark Mode, Gesture, dll.

Sayangnya untuk fitur keamanan masih ketinggalan jaman. Pasalnya Samsung M31 masih menggunakan fingerprint sensor konvesional yang berada dibody belakang. Mungkin Samsung sengaja melakukannya agar harga Samsung Galaxy M31 lebih terjangkau.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy M31Kamera menjadi fitur yang paling di unggulkan pada Samsung Galaxy M31. Sebab smartphone ini hadir membawa empat kamera belakang yang siap mengabadikan momen dalam berbagai kondisi. Lebih hebatnya lagi, kamera utama Galaxy M31 memiliki resolusi 64 Megapixel dengan aperture f/1.7 dan didukung Phase Detection Autofocus.

Kemudian untuk kamera yang kedua merupakan lensa Ultrawide beresolusi 8 Megapixel yang siap mengabadikan momen dengan jarak pandang sangat luas. Lalu ada pula lensa Macro beresolusi 5 Megapixel dan depth sensor 5 Megapixel.

Kamera Samsung Galaxy M31 memiliki kemampuan merekam video beresolusi 2160p@30fps dan 1080p@30fps yang didukung fitur Gyro-EIS agar hasil rekaman lebih stabil. Lalu ada pula dukungan fitur HDR dan LED Flash.

Kemampuan selfie smartphone ini juga bisa diandalkan berkat kamera depan beresolusi 16 Megapixel. Kamera depannya sudah bisa merekam video Full HD dan mendukung HDR. Alhasil kita bisa mengandalkannya untuk selfie ataupun membuat video vlog.
Konektivitas & Baterai

Samsung M31Mengingat harga Samsung Galaxy M31 cukup terjangkau, maka jangan heran aapbila smartphone ini belum mendukung fitur Fast Charging berkecepatan tinggi. Pasalnya fitur Fast Charging Galaxy M31 hanya sebatas 15W.

Untuk mengisi baterai berkapasitas 6.000 mAh, tentu membutuhkan waktu berjam-jam. Namun kekurangan tersebut bukanlah masalah yang berarti, karena yang terpenting baterainya sangat awet dan bisa bertahan lebih dari 2 hari untuk pemakaian normal.

Selanjutnya untuk urusan konektivitas mengandalkan dua slot kartu sim dengan kemampuan 4G LTE. Tersedia pula fitur Bluetooth v5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, GPS (A-GPS, Glonass, BDS), dan port USB Type-C.